Kapolda Lepas Peserta Event “HMQ 2nd Series 2 Days”
Sabtu, 2 Desember 2017

Event jelajah motor trail atau akrab dengan istilah “trabas” kembali digelar oleh klub motor trail HMQ. Tahun ini kegiatan tersebut diberi nama “HMQ 2nd Series 2 Days”, yang didukung oleh Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Sabtu, 2 Desember 2017, para peserta trabas dilepas oleh Kapolda NTB , Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si, di garis start di Pantai Ama Hami Kota Bima. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Bima M. Qurais H. Abidin, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Suciyati, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Sudirman DJ, SH, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Yuliadin, S.Sos, Kasdim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima Kabupaten, pimpinan BUMN/BUMD, para sponsor, pengusaha serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Menurut laporan Ketua Panitia M. Ryan Kusuma, kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Home Motor Trail Quick (HMQ) Adventure. Tujuan kegiatan adalah untuk mempromosikan pariwisata Kota dan Kabupaten Bima, khususnya Pantai Pink yang keindahannya tidak kalah dari pantai-pantai lain yang terkenal di Indonesia.

Event “HMQ 2nd Series 2 Days” akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 2 dan 3 Desember 2017, dengan rute: hari pertama para trabaser menempuh jarak sejauh 126 kilometer dari Ama Hami Kota Bima menuju Pantai Pink dan bermalam; kemudian pada hari kedua menempuh jarak 138 kilometer dari Pantai Pink kembali ke Kota Bima.

“Kita semua berkomitmen dan wajib memastikan agar seluruh peserta event tidak merusak dan mengganggu ekosistem yang ada. Selain itu, besok sebelum kembali ke Kota Bima, di Pantai Pink atau Toro Mbala panitia dan peserta akan melaksanakan kerja bakti pembersihan pantai”, tegas M. Ryan Kusuma.

Peserta event berjumlah 763 trabaser, berasal dari wilayah Bali dan Nusa Tenggara, yang akan memperebutkan sejumlah hadiah dengan hadiah utama berupa 5 unit motor viar (3 unit motor trail dan 2 unit motor RTV 150 CC Roda 4).

M. Ryan Kusuma menjelaskan, sumber pendanaan berasal dari anggaran organisasi HMQ, biaya pendaftaran peserta, serta dukungan dari berbagai sponsor, antara lain: Viar Motor; Garuda Indonesia; BNI; BRI; Bank Mandiri; Pink Studio; Honda/Astra Motor; Bima Permai Motor; STIE Bima; dan BPJS.

“Saya mewakili panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Secara khusus kami pun menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Walikota Bima dan Bupati Bima yang telah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga kepada pihak Kodim 1608/Bima, Polres Bima Kota dan Polres Bima Kabupaten, serta Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB atas berbagai masukan dan back-up”, katanya.

Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota kepanitiaan. Panitia event ini tidak hanya berasal dari klub HMQ saja, namun juga dibantu oleh klub trabas lain dari Kota dan Kabupaten Bima seperti Naganuri Sape, Bextrad Kota Bima, Radom Motor, serta Baracuda dari Langgudu.

Sementara itu, Walikota menegaskan bahwa kegiatan ini harus dijadikan ajang untuk menyatukan semangat para pemuda, khususnya wilayah Bima dan Dompu. “Pemuda merupakan elemen penting pembangunan. Jika pemuda bersatu dan mengisi waktu dengan kegiatan positif, maka akan memberikan pengaruh besar dalam pemberdayaan masyarakat”, kata Walikota.

Bupati Bima juga menyampaikan apresiasinya. “Dengan kegiatan positif, pemuda bisa bersama-sama menghindari dan melawan narkoba. Saya juga berpesan agar para peserta dari Kota dan Kabupaten Bima bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi peserta dari daerah lain”, pesannya.

Kapolda menyatakan dukungan atas event tersebut, apalagi jika tujuan utamanya adalah promosi pariwisata. Dikatakannya, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja.

“Masukan saya hanya satu. Pada saat trabas, jika memungkinkan agar para trabaser menyempatkan diri mampir dan menyapa serta melihat kondisi warga. Mungkin ada yang kesulitan dan butuh bantuan, para trabaser bisa meringankan kesulitan tersebut atau setidaknya menyampaikan informasi kepada instansi/lembaga yang bisa membantu agar keberadaan para trabaser bisa semakin bermanfaat”, pungkasnya.

 

(Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima
Syahrial Nuryadin, S.IP, MM,.)

 

Bingkai Berita
Lihat semua berita »
Info dan Pelayanan

web site hit counter
Kontak Kami
Pemerintah Kota Bima
Jl. Soekarno – Hatta
Kota Bima NTB-Indonesia
84113

Phone: (0374) 646441, 646442
Fax: (0374) 646569
© 2017 Pemerintah Kota Bima
Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi Kota Bima